Ritual Budaya Mane’e Talaud 2021

Talaud-Nanusa,  Bertempat di Pulau Intata desa Kakorotan kecamatan Nanusa, pada 29 Mei 2021 dilaksanakan Ritual BudayaMane’e. Mane’e merupakan tradisi Budaya menangkap ikan dengan menggunakan janur kelapa dan salah satu tradisi ciri khas wilayah terluar Kabupaten Kepulauan Talaud yang merupakan warisan leluhur turun – temurun, oleh warga Masyarakat yang ada di desa Kakorotan Kecamatan Nanusa. (29/05)

Tradisi penetapan tanggal Mane’e sesuai dengan kesepakatan tua – tua adat kampung dengan menyesuaikan waktu bulan Purnama kedua.  Untuk ritual penangkapan ikan mengikuti arahan dari pentuah adat setempat dengan mengikuti tahapan – tahapan yang sudah ditentukan hingga waktu penangkapan ikan.

Pelaksanaan Mane’e  tahun 2021 dilakukan ditengah pandemic covid-19, maka para tamu undangan, masyarakan bahkan pengunjung diharuskan mengikuti Protocol Kesehatan.

Ritual Adat Mane’e dilaksanakan dengan dihadiri oleh Bupati Kepulauan Talaud, dr. Elly Engelbert Lasut dan Wakil Bupati Kepulauan Talaud, Moktar Arunde Parapaga dengan dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi SULUT Ibu. Sherly Tjanggulung, S.Si, jajaran FORKOPIMDA Kabupaten Kepulauan Talaud, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud, Staf Ahli Gubernur SULUT Ibu. DR. Jetty Pulu dan Pimpinan serta Karyawan PT. Bank SULUTGO Cabang Melonguane sebagai Sponsor bahkan para undangan dan masyarakat Desa Kakorotan dan ritual adat Mane’e tersebut berjalan dengan baik dan sukses dilaksanakan.

Dalam sambutannya Bupati kepulauan Talaud mengatakan kegiatan mane’e adalah Tradisi tangkap ikan dengan menggunakan Daun kelapa dan dalam bahasa Adat Moyang Talaud. Wilayah pelaksanaan tradisi Mane’e biasanya dilaksnaakan Ehat (larangan menangkapikan) selama tiga bulan sekali oleh warga setempat untuk menjaga kembang biak pertumbuhan ikan.

Kegiatan tradisi Mane’e selalu mengundang perhatian pengunjung lokal sampai manca Negara untuk melihat keindahan Alam laut  tutur dr. Elly Engelbert Lasut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *