Layanan Kependudukan Kabupaten Kepulauan Talaud

DINAS DUKCAPIL TETAPKAN STANDAR PELAYANAN DAN MAKLUMAT PELAYANAN UNTUK MAKSIMALKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT

Melonguane-Talaud, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Talaud terus mensosialisasikan standar pelayanan administrasi kependudukan dalam upaya meningkatkan layanan publik kepada masyarakat. Standar pelayanan administrasi kependudukan ini diperkenalkan sebagai bagian dari program transformasi Dukcapil dalam memberikan pelayanan yang efisien, transparan, dan berbasis teknologi.

Dalam standar pelayanan ini, Dukcapil telah mengadopsi prinsip-prinsip layanan publik yang berorientasi pada kepuasan pengguna. Ada 6 (enam) komponen standar pelayanan yang terkait dengan service delivery yang perlu diketahui oleh masyarakat seperti persyaratan administrasi, prosedur, jangka waktu pelayanan, biaya, produk layanan dan pengaduan.

Persyaratan administrasi, berisi informasi tentang dokumen apa saja yang perlu masyarakat siapkan saat mengurus dokumen kependudukan.

Prosedur, memberikan gambaran tentang bagaimana alur pelayanan saat masyarakat datang mengurus dokumen kependudukan.

Jangka waktu pelayanan, dalam melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan ditetapkan waktu pelayanan 1 (satu) hari kerja.

Biaya, mengurus dokumen kependudukan tidak ada biaya (gratis)

Produk layanan, produk layanan adalah  jenis layanan yang diterima oleh masyarakat

Pengaduan, untuk pengaduan berkaitan dengan pelayanan oleh petugas Dinas Dukcapil, dapat dilakukan dengan tatap muka langsung.

Masyarakat dapat mendownload standar pelayanan pada link berikut :

https://drive.google.com/file/d/1aD2qH1VIiXxjCswtQCQb9UxhTKAUv9Jl/view?usp=share_link

Kepala Dinas Dukcapil Bapak Max M. Binilang, SH.,MM mengungkapkan “Standar pelayanan ini merupakan langkah konkret Dukcapil dalam meningkatkan kualitas layanan publik kepada masyarakat. Kami berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dan inovasi dalam memberikan pelayanan yang berkualitas, transparan dan efisien. Dan dalam menjalankan standar pelayanan ini, kami Pimpinan dan staf menetapkan Maklumat Pelayanan sebagai kesanggupan kami dalam menjalankan pelayanan yang maksimal”

Maklumat pelayanan dapat didownload pada link berikut :

https://drive.google.com/file/d/15SZdclBOsgGqA4UQduLKQNO_r3n1sXy7/view?usp=share_link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *