Kunjungan ke Miangas

Senin, 10 Agustus 2020, Bupati Kepl.Talaud, Bapak dr.Elly Engelbert Lasut,ME bersama Wakil Bupati Kepl.Talaud, Bapak Moktar Arunde Parapaga menerima kunjungan dari KA BAIS TNI MARSDYA, Kisenda Wiranatakusumah, MA bersama PANGDAM XIII/Merdeka, MAYJEN TNI Santos Matindang, DANLANTAMAL VIII Manado bahkan rombongan yang mendampingi yang tiba di bandara Miangas sekitar pukul 09.00 WITA.
Setibanya di Miangas, KA BAIS TNI bersama rombongan terlebih dahulu mengunjungi Pos Pamtas Pulau Terluar Yonif 711/Raksatama kemudian lanjut ke Posal Miangas. Tak lupa juga mengunjungi Tugu Titik KM.0 NKRI untuk kemudian melanjutkan acara yang di selenggarakan di gedung serbaguna Syahbandar Miangas.
Dalam kegiatan ini Bupati Kepl.Talaud berkesempatan menyampaikan gambaran umum Kab.Kepl.Talaud sebagai bagian Integral NKRI, merupakan salah satu Kab.Kepulauan dimana secara Geografis berada di kawasan perbatasan Indonesia-Philipina, dan memiliki 17 pulau; 7 pulau berpenghuni sedangkan 10 pulau lainnya tidak berpenghuni. Dengan luas wilayah sebesar 39.051,02 KM2 yang terdiri dari luas darat sebesar 1.251,02 KM2 atau sekitar 3% dari luas wilayah, sedangkan luas laut sebesar 37.800 KM2 atau sekitar 97% dari luas wilayah. Khusus pulau Miangas mempunyai luas wilayah 2,39 %, dihuni oleh kurang lebih 800 jiwa dengan posisi Geografis berbatasan langsung dengan Negara tetangga Philipina.
Dalam menjalankan tugas sebagai Bupati Kepl.Talaud, beliau menyampaikan bahwa telah banyak menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan yang berhubungan dengan karakteristik dan kondisi Daerah Perbatasan dan Kepulauan yang harus disolusikan bersama Pemerintah Pusat dan Provinsi, dan dalam kondisi ini menjadi tantangan tersendiri dalam upaya percepatan pembangunan di daerah ini. Sehingga diharapkan perhatian dari Pemerintah Pusat kiranya dapat membantu daerah ini dalam berbagai kepentingan pembangunan. Di akhir kata, Bupati yang mengatasnamakan Pemerintah Daerah dan seluruh warga masyarakat Kepl.Talaud menyampaikan ucapan terima kasih kepada KA BAIS TNI bersama rombongan yang telah mewujudkan komitmen kepedulian dalam rangka memperkokoh Kedaulatan Bangsa, dalam kondisi Pandemi Covid-19 ini, Kepl. Talaud mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Pusat dengan memberi bantuan alat kesehatan dan berbagai fasilitas kesehatan lainnya.(AO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *